Pandemi Covid-19 memang menggangu penjualan otomotif Tanah Air. Semua agen pemegang merek (APM) terdampak. Meski demikian, Toyota meluncurkan setidaknya 13 model baru di Indonesia sepanjang tahun 2020 lalu. Beragam jenis kendaraan diperkenalkan mulai dari LCGC, MPV, hingga SUV.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan sepanjang 2020 Toyota telah merilis 13 produk baru. Model–modelnya amat variatif dari segi segmen, harga, sampai teknologi yang dimiliknya.

“Mulai dari entry-level, mobil sport, sampai pilihan kendaraan elektrik lebih lengkap. Tahun ini TAM sudah menghadirkan kendaraan elektrik lengkap mulai dari dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan battery electric vehicle (mobil listrik murni) sehingga para pelanggan bisa memilih teknologi mana yang sesuai,” papar Henry beberapa waktu lalu.

Data yang dikumpulkan, menunjukkan jika tahun lalu Toyota memulai perkenalkan dengan MPV Premium Alphard dan diakhiri Kijang Innova. Bahkan jika dihitung Lexus — brand mewah di bawah Toyota — maka total ada 14 model setelah memperkenalkan SUV premium Lexus UX 300e pada bulan November. Sedangkan harga dimulai dari yang termurah model low cost green car (LCGC) lima penumpang Agya facelift, hingga yang termahal mobil sport GR Supra facelift.

Toyota Fortuner dan Kijang Innova

 

Berikut daftar lengkap peluncuran yang dilakukan Toyota pada tahun pandemi ini:

  • Toyota Prius Plug-In Hybrid 2020 – 17 Maret 2020
  • Toyota Alphard minor Change — 19 Februari
  • Toyota Vellfire minor Change — 19 Februari
  • Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle — 17 Maret
  • Toyota New Agya — 19 Maret
  • Toyota All New Corolla Cross — 6 Agustus
  • Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited — 17 Agustus
  • Toyota Sienta Welcab — 17 Agustus
  • Toyota New Hilux facelift — 27 Agustus
  • Toyota New Yaris facelift — 8 September
  • Toyota GR Supra facelift — 22 September
  • Toyota New Fortuner — 15 Oktober
  • Toyota New Kijang Innova — 15 Oktober
  • Lexus UX 300e — 25 November

Berdasarkan data terakhir yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikido), hingga November lalu, Toyota masih berada di posisi teratas APM dengan penjualan terbanyak di Tanah Air. Selam Januari hingga November 2020, pangsa pasar penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Toyota mencapai 31,3 persen di angka 159.450 unit. Sedangkan whole sales (dari pabrik ke dealer) Toyota menguasai 30,0 persen pasar di angka 142.569 unit.

Angka ini cukup jauh jika dibandingkan tahun 2019 lalu. Sebagai informasi total retail sales Toyota selama 12 bulan tahun lalu berada di angka 331.004 unit. Angka ini mengantar Toyota menguasai pangsa pasar 31.7 persen. Sedangkan penjualan wholesales berjumlah 331.797 unit (32.2 persen).

Toyota Raize

 

Bagaimana dengan rencana tahun depan? Berapa model dan apa saja yang akan diperkenalkan Toyota? Pihak TAM masih merahasiakan. Dalam beberapa kesempatan baik Henry Tanoto maupun Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM enggan memberikan informasi. Anton Jimmy mengatakan dalam meluncurkan produk baru, Toyota selalu melihat kebutuhan konsumen dan permintaan pasar. “Mengenai detail produk, nantilah pada saatnya akan diinformasikan,” kata Anton Jimmi Suwandy.

Meski demikian banyak beredar rumors mengenai model apa yang akan diperkenalkan. Salah satunya adalah Toyota Avanza. Low MPV penyumbang terbanyak penjualan Toyota itu akan mendapat prombakan besar-besaran. Model ini terakhir kali mendapat ubahan kosmetik pada 2019. Tahun ini Mobil Sejuta Umat tu akan mendapat gubahan cukup besar.

Kabar lain menyebutkan Toyota Raize juga akan hadir di Tanah Air. Nama ini memang sudah disebut-sebut sejak beberapa waktu. Isunya kian kencang setelah mobil yang diduga Daihatsu Rocky, kembaran Raize, tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Indonesia. Tentunya, rumors belum bisa dijadikan pegangan. Kepastiannya kita akan tunggu seperti apa.